Penetapan Daftar Pemilih Tetap Pilgub Jateng 2013

Tahapan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah memasuki tahapan penetapan DPT pada tanggal 1 April 2013. Untuk melaksanakan tahapan tersebut PPS di wilayah kecamatan Klirong akan mengadakan Rapat Pleno dengan mempersiapkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Sebelum pelaksanaan Rapat Pleno Pengesahan dan Penetapan DPT, PPS WAJIB mengundang secara tertulis PPL, Kepala Desa/Lurah dan 1 orang Tokoh Masyarakat untuk hadir dalam Rapat Pleno tanggal 1 April 2013
  2. Pengesahan dan Penetapan DPT dilakukan dalam rapat pleno PPS dengan peserta rapat: Ketua/Anggota PPS, 2 orang Sekretariat PPS dan PPDP. Turut diundang PPL, Kepala Desa/Lurah dan 1 orang Tokoh Masyarakat
  3. PPS menyediakan absensi peserta Rapat Pleno Pengesahan dan Penetapan DPT
  4. Sebelum Rapat Pleno dimulai, telah tersedia cetakan master DPT tiap TPS sebagai hasil Penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT)
  5. Rapat Pleno dengan agenda:
    • Pengecekan kembali dan perbaikan atas kelengkapan informasi pemilih dan ketepatan penjumlahan di dalam master DPT
    • Menerima masukan dari tamu undangan (PPL, Kepala Desa/Lurah dan 1 orang Tokoh Masyarakat) akan informasi yang ada di master DPT.
    • Setelah dipastikan bahwa master DPT yang tersedia telah akurat maka dapat ditetapkan/disahkan (ditanda tangani) oleh PPS namun belum dibubuhi cap PPS.
    • Pengesahan dan Penetapan DPT yang tertuang dalam dalam Berita Acara PPS beserta Lampiran Rekap DPT-PPS  dan Lampiran Masukan
  6. Kelengkapan informasi pemilih adalah informasi yang dimiliki pemilih (NIK/Nama Lengkap/Tempat Lahir/Tanggal Lahir/Umur/Status Perkawinan (B=Belum Nikah/S=Sudah Nikah/P=Pernah Nikah)/Jenis Kelamin (LK=Laki-Laki, PR=Perempuan)/Alamat Tempat Tinggal/Keterangan, cacat yang disandang pemilih, bila ada di tiap TPS
  7. Ketepatan penjumlahan yang dimaksud meliputi:
    • Ketepatan Nomor Urut pemilih dan Jumlah pemilih di tiap TPS;
    • Ketepatan Rekapitulasi Pemilih Laki-Laki dan Perempuan dan Jumlah Pemilih di Tiap TPS.
  8. DPT yang telah ditandatangani PPS segera untuk difotocopy 4 (empat) rangkap
  9. Setelah DPT difotocopy maka master DPS dan 4 (empat) rangkap dibubuhi cap PPS
  10. Master DPT tiap TPS dijadikan arsip di PPS
  11. Distribusi 4 (empat) rangkap dengan rincian:
    • 1 (satu) rangkap untuk disampaikan kepada KPU Kabupaten/Kota melalui PPK dengan disertai 1 (satu) keping data simpan elektronik (CD) berisi hasil aplikasi SI-Indijateng) bagi PPS yang akan diteruskan ke KPU Jateng.
    • 1 (satu) rangkap untuk PPS guna diumumkan di Kantor Desa/Kelurahan dengan tujuan agar  diketahui dan mendapatkan tanggapan masyarakat.
    • 1 (satu) rangkap untuk PPS guna diumumkan di tempat strategis (Pos Ronda/Balai Pertemuan/dan lain-lain) dengan tujuan agar  diketahui dan mendapatkan tanggapan masyarakat.
    • 1 (satu) rangkap untuk PPL. Surat Penyampaian DPT dari PPS ke PPL terlampir.
  12. Melakukan Kegiatan Pencatatan Masukan:
    Setelah Rapat Pleno, PPS melakukan kegiatan pencatatan Masukan Terhadap DPS dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dalam Rekapitulasi Masukan Masyarakat Terhadap Daftar Pemilih Sementara (DPS) Dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) ke dalam formulir Rekapitulasi Masukan -PPS

Demikianlah beberapa point pelaksanaan penetapan DPT semoga bisa membantu. Terima Kasih.

Tentang PPK Klirong

Panitia Pemilihan Kecamatan Klirong
Pos ini dipublikasikan di Pilgub 2013. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s